Apa Itu Sosial Media Marketing

Apa Itu Sosial Media Marketing

Apa Itu Sosial Media Marketing

Sosial media marketing adalah suatu teknik berjualan online melalui sosial media. Ada beberapa cara melakukan sosial media marketing yaitu lewat status pribadi, lewat grup, atau lewat pesan di tampilan orang lain. Seluruhnya adalah bentuk usaha agar produk dan jasa yang dibuat bisa lebih dikenal konsumen. Berikut adalah contoh – contoh sosial media marketing yang sering digunakan.

Sosial media marketing menciptakan efek viral yang menyebabkan sebuah barang menjadi trending. Jika barang tersebut sudah menjadi tren di dunia maya, maka cepat atau lambat permintaannya juga akan naik. Pada teori pengembangan website, peran sosial media dalam penjualan dan pengunjung website sangat tinggi. Hal ini juga dipengaruhi faktor masyarakat Indonesia yang gemar menjelajahi alam viral.

Sosial media adalah salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mempromosikan produk suatu usaha. Kepopulerannya hampir menyamai mesin pencari. Untuk pengusaha online yang jeli terhadap peluang, pemanfaatan sosial media sebagai langkah marketing adalah cara untuk membangun reputasi dan citra online shop.

Seperti namanya, sosial media memang memiliki tujuan utama sebagai ajang bersosialisasi satu orang dengan lainnya. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi sosial media kini juga dimanfaatkan sebagai sarana promosi baik ke teman, rekan, atau orang lain yang dirasa cukup berpotensi menjadi konsumen. Tidak jarang pula, beberapa online shop menjadi prioritas karena barang yang dijualnya menjadi rekomendasi teman – teman di sosial media, meskipun bukan teman di dunia nyata.

Apa Itu Sosial Media Marketing

Selain promosi langsung, sosial media marketing juga bisa dilakukan dengan cara membuat grup. Grup yang dimaksud bisa berupa grup bisnis, grup iklan, atau langsung grup yang memang khusus menjual satu nama produk saja. Semua grup bisa berpotensi asal dimanfaatkan dengan baik.

Berdasarkan penelitian, jumlah orang yang membagi promo produk baik di website atau akunnya sendiri pada sosial media lebih diminati saat muncul pada beranda. Contohnya saja si A yang telah membeli suatu produk dan memfotonya. Lalu status tersebut dishare banyak orang. Maka jenis produk yang difoto tersebut bisa menjadi trending dan akan banyak dicari.

Selain dari kolom share, cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan mengadakan lomba terkait produk – produk yang dijual. Beberapa online shop memilih jalur “give away” atau “photo contest” dengan menggunakan produk tersebut. Kewajiban para peserta adalah membagi di akunnya untuk mendapat like sebanyak – banyaknya. Cara ini termasuk sangat efektif dalam mencari konsumen karena akan semakin banyak orang yang melihat produk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.