5 Contoh Penggunaan Internet Marketing Dalam Kehidupan Sehari–hari

5 Contoh Penggunaan Internet Marketing Dalam Kehidupan Sehari–hari

5 Contoh Penggunaan Internet Marketing Dalam Kehidupan Sehari–hari

Penggunaan internet marketing dalam kehidupan sehari – hari sudah semakin marak dan diminati masyarakat. Dengan semakin berkembangnya teknologi, internet marketing telah menjadi kebutuhan masyarakat baik sebagai pembeli maupun penjual. Berikut ini adalah 5 contoh sistem yang diusung dalam internet marketing.

PPC (Pay Per Click)

Kadang konsumen yang tertarik dengan suatu iklan akan mengklik sebuah tampilan atau button. Maka, sistem PPC biasa digunakan sebagai cara untuk meraup keuntungan. Contoh program yang menggunakan sistem PPC adalah Id BlogNetwork, Google Adsense, AdsenseCamp, KlikSaya, Bidvertiser, Sitti, Infolink.

PPS (Pay Per sale)

Bagaimana cara sistem PPS dalam mendulang keuntungan? Dengan mempromosikan sebuah produk, maka seseorang akan mendapatkan komisi atau tambahan uang. Istilah lain untuk sistem PPS adalah afiliasi. Beberapa website yang menggunakan sistem internet marketing tersebut adalah www.clickbank.com dan www.Amazon.com.

PPL (Pay Per Lead)

Serupa dengan PPS, sistem PPL juga berkonsep afiliasi. Tahapan yang dapat dilakukan meliputi pengisian formulir, berlangganan newsletter atau katalog baru, coba gratis, dan sebagainya. www.MaxBounty.com memberikanfasilitas ini sebagai cara untuk meningkatkan keuntungan.

Online Auction

Pelelangan tidak hanya bisa dilakukan secara langsung, namun juga secara online. Online Auction contohnya dilakukan oleh situs www.eBay.com, dan www.Flippa.com. Di sana, ada berbagai macam produk yang dijual dengan harga terjangkau. Selain terjangkau, ditawarkan juga diskon yang sensasional.

5 Contoh Penggunaan Internet Marketing Dalam Kehidupan Sehari–hari

Online Reseller

Kalau yang satu ini, prosesnya jauh lebih mudah dan murah untuk dilakukan. Online reseller merupakan kegiatan dimana seseorang menjualkan barang milik orang lain sebagai salah satu cara menuai komisi. Online reseller memiliki nama lain makelar. Dengan menjadi perantara sebuah transaksi jual beli, maka seseorang akan mendulang banyak keuntungan tanpa harus terancam dengan resiko tidak lakunya barang jualan.

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa online reseller adalah perantara saja. Hal ini bukan berarti tanpa resiko. Adakalanya konsumen bersikap curang atau penjual yang memiliki produk tidak sesuai harapan. Jadi, segala hal baik dari sisi penjual maupun pembeli juga harus dioptimalkan informasinya. Jangan sampai terjadi kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian.

Dari ke 5 contoh penggunaan internet marketing dalam kehidupan sehari – hari di atas, seluruhnya memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing. Jadi, setiap orang yang membutuhkan pemanfaatan internet marketing wajib mempelajari seluk beluknya. Pelajari lebih lanjut dan bertanya kepada ahli juga sangat penting. Karena, bagaimanapun juga jual beli tanpa tatap muka jauh lebih beresiko.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.