Mengenal Apa Itu Bounce Rate

Mengenal Apa Itu Bounce Rate

Salah satu metrik yang menunjukkan kualitas laman web adalah bounce rate(rasio pentalan). Ini adalah persentase yang ditampilkan di berbagai laporan Google Analytics dan dapat digunakan oleh webmaster untuk menganalisis apakah konten laman memenuhi maksud pengguna.

Sebagai aturan umum, semakin rendah rasio pentalan laman, semakin baik.

Dalam panduan ini Anda akan mempelajari apa itu rasio pentalan, cara melihat rasio pentalan dalam analisis Google, apa hubungan antara rasio pentalan dan SEO, serta tindakan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasio pentalan Anda.

Berapa tingkat pentalan?

Apa yang dimaksud dengan rasio pentalan? Rasio pentalan adalah persentase yang menunjukkan berapa banyak pengguna yang mendarat di laman web dan kemudian keluar dari situs web, tanpa interaksi apa pun di laman. Ini berarti bahwa mereka tidak mengeklik tautan apa pun di laman dan ini termasuk item menu dan tautan internal atau eksternal lainnya.

Bagaimana rasio pentalan dihitung di Google Analytics?

Ketika memasang Google Analytics di situs web, itu mencatat semua tindakan yang dilakukan pada halaman. Setelah halaman dimuat untuk pertama kalinya, ini memicu sesi dan permintaan dikirimkan ke server Google Analytics.

Ketika server analitik Google tidak menerima permintaan kedua dari halaman yang sama, maka itu berarti bahwa pengguna tidak berinteraksi dengan halaman sama sekali.

Ini dianggap oleh Analytics sebagai sesi satu halaman dan itu diperhitungkan ketika menghitung tingkat bouncing halaman.

Rumus resmi yang digunakan oleh Google analytics untuk menghitung persentase tingkat bouncing adalah:

Karakteristik lain dari sesi satu halaman adalah bahwa ‘waktu di situs’ adalah 0 (nol) karena analisis Google tidak memiliki permintaan lain untuk digunakan untuk menghitung berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di halaman.

Jadi, jika Anda memiliki 10 kunjungan di laman dan 8 dari mereka mendarat di laman Anda dan kemudian pergi tanpa mengeklik tautan apa pun di laman Anda, rasio pentalan Anda akan menjadi 80%.

Rasio pentalan dihitung hanya untuk laman Landas

Rasio pentalan dihitung saat pengguna tiba di laman tertentu dari sumber eksternal (yaitu penelusuran Google) dan bukan ketika mereka mengunjungi laman dengan mengeklik tautan internal.

Perhatikan contoh berikut:

Pengguna 1: Kunjungan Halaman A kemudian Halaman B kemudian Halaman C

Pengguna 2: Kunjungan Halaman B kemudian Halaman A kemudian Halaman C

Pengguna 3: Mengunjungi Halaman A dan kemudian keluar

Rasio pentalan untuk Laman A adalah 50% karena Laman A memiliki 2 tampilan laman landas dan satu keluar. Meskipun Pengguna 2 mengunjungi Laman A juga, ini tidak termasuk dalam perhitungan tingkat bouncing karena itu bukan kunjungan langsung ke halaman.