Optimalkan SEO Dengan Budget Terbatas

Optimalkan SEO Dengan Budget Terbatas

Setiap bisnis harus menerapkan strategi SEO untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web mereka. Namun sayangnya, ada banyak pemasar dan pemilik usaha kecil yang tidak. Mengapa? Banyak dari mereka yang menggunakan alasan “anggaran yang terbatas” untuk membenarkan keputusan mereka untuk mengabaikan SEO.

Namun, SEO lebih hemat biaya daripada banyak bentuk pemasaran lainnya, termasuk iklan bayar per klik dan pemasaran media sosial. Dan sementara tidak setiap bisnis akan memiliki anggaran untuk menghabiskan ribuan setiap bulan pada kampanye SEO, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan lalu lintas pencarian paling mungkin dengan anggaran yang ketat.

Google Bisnisku

Bisnis kecil harus fokus pada mendapatkan paparan lokal daripada mencoba untuk menargetkan pelanggan potensial yang berlokasi di seluruh negeri. Salah satu cara untuk meningkatkan SEO lokal bisnis Anda adalah dengan mengoptimalkan halaman Google Bisnisku, yang sebelumnya dikenal sebagai Google Places dan terkadang disebut daftar Google Map.

Mulailah dengan memastikan Anda memiliki laman dan memiliki akses untuk melakukan pengeditan pada cantuman bisnis Anda. Kemudian lanjutkan dengan mengisi informasi apa pun yang hilang di halaman Anda. Buat deskripsi dan seakurat mungkin, dan jangan lupa untuk memasukkan beberapa kata kunci juga. Saat memilih kategori untuk mendeskripsikan bisnis Anda, sebaiknya spesifik. Misalnya, jika Anda adalah jasa konsultan IT, pilih “jasa konsultan IT” bukan hanya “konsultan IT” atau “jasa konsultan.”

Targetkan kata kunci ekor panjang.

Ada dua jenis utama kata kunci – kata kunci persaingan umum dan kata kunci ekor panjang(long-tail). Jika Anda memiliki anggaran pemasaran terbatas, sebaiknya fokuskan semua upaya SEO Anda pada kata kunci ekor panjang.

Kata kunci berekor panjang adalah frasa yang sangat spesifik dengan kebutuhan pelanggan Anda. Misalnya, katakanlah Anda memiliki kafe di Jakarta selatan dan ingin menarik perhatian jadi yang perlu dibuat adalah “kafe yang berada di Jakarta Selatan”.

Kedua kata kunci tersebut relevan dengan bisnis Anda, tetapi kata kunci berekor panjang adalah frasa yang harus Anda targetkan. Mengapa? Mungkin ada ratusan bisnis lain yang menargetkan kata kunci “kafe di Jakarta Selatan,” yang berarti persaingan SEO sengit. Namun, mungkin tidak banyak yang menargetkan dengan kata kunci ekor panjang.

Karena kata kunci ekor panjang juga lebih spesifik, usaha kecil akan dapat menjangkau khalayak orang yang jauh lebih sempit.

Gabungkan kata kunci di tempat-tempat utama

Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci ekor panjang terbaik untuk ditargetkan, mulailah menggabungkannya di situs web Anda. Usaha kecil harus fokus pada menempatkan kata kunci dalam judul halaman, URL dan konten di situs web mereka. Namun, penting untuk tidak berlebihan saat menggabungkan kata kunci ke konten. Coba gunakan kata kunci di salah satu tajuk halaman dan dalam paragraf pertama konten. Ini seharusnya cukup untuk menarik perhatian Google tanpa berlebihan.

Anda juga dapat membuat konten baru di sekitar kata kunci ekor panjang Anda. Apakah halaman statis atau artikel / posting blog, memiliki halaman tertentu untuk kata kunci ekor panjang Anda akan meningkatkan kemungkinan mereka akan peringkat baik secara organik.

Tulis konten segar

Mempublikasikan konten segar secara teratur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian Google. Mengapa? Setiap kali konten baru ditambahkan ke situs web, perayap web Google akan mengunjungi situs Anda dan mengindeksnya. Ini pada dasarnya berarti bahwa perayap web akan menganalisis situs web dan menghitung ulang bagaimana seharusnya peringkat dalam hasil pencarian.

Semakin sering Anda menambahkan konten baru, semakin sering perayap web akan berhenti untuk menganalisis kembali situs web Anda. Dan semakin banyak halaman berkualitas yang Anda miliki di situs Anda, semakin banyak kesempatan bagi orang untuk menemukan Anda di mesin pencari.

Penting untuk dicatat bahwa perayap web tidak akan meningkatkan peringkat situs web Anda hanya karena kontennya baru. Konten harus tetap berkualitas tinggi, unik, relevan untuk audiens Anda dan diformat dengan benar untuk membuat dampak. Jika Anda terus memposting konten berkualitas tinggi dan relevan, perayap web akhirnya dapat menyadari bahwa situs web Anda berharga bagi orang yang mencari kata kunci bertarget Anda.